Fungsi Ginjal Pada Manusia

Posted by regina on under Artikel Kesehatan | Be the First to Comment

fungsi ginjal

fungsi ginjal

Salah satu fungsi ginjal yang utama pada manusia adalah sebagai salah satu alat pengeluaran (ekskresi), selain paru-paru, hati, dan kulit.

Di sini, ginjal berperan penting dalam proses ekskresi guna membuang zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh.

Ginjal (ren) pada manusia merupakan salah satu organ tubuh berukuran kira-kira 11 x 6 x 3 cm yang berjumlah sepasang dan berbentuk seperti kacang merah, serta terletak di dekat pertengahan punggung, tepat di bawah kerangka tulang rusuk.

Bagian-bagian dari ginjal antara lain kulit ginjal (korteks), sumsum ginjal (medula) dan rongga ginjal (pelvis).

Beberapa Fungsi Ginjal Pada Manusia

Fungsi ginjal yang pertama adalah menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolisme tubuh. Darah yang diuraikan per hari adalah sekitar 200 liter.

Setelah disaring, zat-zat sisa metabolisme seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida, bikarbonat dan urea, akan dikembalikan ke tubuh untuk menyaring kembali zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh.

Setelah itu, zat-zat sisa yang sudah tidak berguna tersebut, dibuang melalui proses ekskresi. Selain itu, ginjal berperan penting dalam merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah dengan menghasilkan hormon eritropoietin.

Ginjal juga menghasilkan hormon renin yang berguna untuk mengatur tekanan darah supaya tetap stabil, serta hormon kalsitriol (vitamin D aktif) yang berfungsi untuk menahan zat kalsium untuk tulang.

Kelainan Pada Fungsi Ginjal

fungsi ginjal, Beberapa kelainan fungsi ginjal yang sering terjadi antara lain gagal ginjal kronik, batu ginjal, nefritis, diabetes; yang terdiri dari diabetes militus dan diabetes inspidus, albuminuria, polyuria, oligouria.

Gagal ginjal kronik (Chronic Renal Failure) merupakan suatu penyakit pada ginjal dimana fungsi ginjal tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Hal ini disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh manusia, antara lain merokok, mengkonsumsi alkohol, makan makanan berlemak dan berkolesterol tinggi, serta kurangnya aktivitas olahraga.

fungsi ginjal tidak lagi mampu menyaring dan membersihkan zat-zat sisa metabolisme, sehingga darah yang mengalir ke seluruh tubuh menjadi kotor dan menimbulkan kerusakan pada organ-organ tubuh lainnya.

Sedangkan batu ginjal adalah dimana di dalam ginjal terdapat endapan yang disebabkan oleh kebiasaan kurang mengkonsumsi air dalam jumlah tertentu, serta seringnya menahan keinginan untuk buang air kecil.

fungsi ginjal, Selanjutnya nefritis, yaitu gangguan pada ginjal bagian nefron karena terinfeksi kuman.

Nefritis dapat menyebabkan penyerapan air terganggu, sehingga tertimbun di kaki (biasa disebut oedema). Diabetes juga merupakan kelainan fungsi ginjal pada manusia. Diabetes terdiri dari dua macam: diabetes militus, yaitu dimana kadar gula dalam darah meningkat diakibatkan oleh kurangnya hormon insulin dalam darah, dan diabetes inspidus, yaitu tidak adanya hormon ADH sehingga kadar urine meningkat.

Kemudian albuminuria, yaitu kerusakan pada sel-sel ginjal dikarenakan adanya protein dalam urine. Polyuria dan oligouria adalah dua kelainan ginjal yang saling berlawanan.

Polyuria dapat terjadi apabila nefron gagal melakukan proses penyerapan kembali (reabsorsi) sehingga urine yang dikeluarkan sangat banyak dan encer, sedangkan oligouria merupakan kerusakan fungsi ginjal secara total yang berakibat ginjal tidak bisa lagi mengeluarkan urine.

Related posts:

  1. Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh

Add A Comment