Jenis-Jenis Penyakit Kulit dan Pengobatannya

Posted by regina on under Artikel Kesehatan | Be the First to Comment

Penyakit kulit

Penyakit kulit

Penyakit kulit adalah jenis infeksi paling umum yang diderita oleh banyak orang.

Rata-rata penyakit ini bersifat menular atau disebabkan oleh infeksi tertentu. Kondisi tersebut tentu saja harus disadari oleh orang-orang yang berada di sekitar orang yang terkena penyakit semacam ini.

Akan tetapi, menghindari bukanlah langkah yang tepat. Penyakit kulit, Anda perlu memberikan saran, atau bahkan membantu mencarikan tips-tips sehat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Akan tetapi, sebelum itu, Anda juga perlu mengenal apa saja jenis-jenis penyakit tersebut yang umum dijumpai saat ini.

Beberapa Jenis Penyakit Kulit

Mengenali jenis penyakit kulit diakui sangat penting untuk mengidentifikasi awal beberapa penyebab dan indikator munculnya penyakit tersebut.

Pertama, eksim. Penyakit ini umumnya ditandai dengan kulit kemerah-merahan, bersisik, terasa gatal (terutama pada malam hari), dan pecah-pecah. Bahkan, orang yang terkenya penyakit ini akan melihat gelembung-gelembung kecil, semacam air atau nanah, yang sangat gatal dan panas di kulit. Kedua, kudis.

Penyakit ini sering menimpa mereka yang kurang menjaga kebersihan tubuhnya dan sering berada di tempat yang kotor/tak terawat.

Biasanya, penyakit ini muncul di sela-sela tangan, di selangkangan, atau di jari-jari kaki yang umumnya jarang mendapat perhatian dalam hal kebersihannya.

Ketiga, bisul. Penyakit ini tampak berupa gumpalan kecil, berwarna merah, bernanah, dan biasanya terasa panas. Bisul seringkali dijumpai di bagian-bagian tubuh yang sering terlipat, seperti leher, ketiak, lipatan paha, lipatan tangan, dan sebagainya.

Bisul disebabkan oleh infeksi bakteri Stafilokokus Aureus yang timbul melalui kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan folikel rambut. Keempat, campak.

Ini adalah penyakit yang sering menular yang disebabkan oleh virus.

Anak-anak adalah yang paling rawan terkena penyakit ini. Penyakit ini biasanya ditandai dengan tidak nafsu makan, bersin, pilek, lemas. Biasanya campak muncul sebagai ruam merah yang semakin hari semakin menyebar ke seluruh tubuh.

Ini adalah beberapa contoh penyakit kulit. Sebenarnya, ada banyak lagi yang belum disebutkan. Penyakit kulit, Tapi keempat penyakit tersebut adalah yang paling sering ditemui di masyarakat.

Pengobatan Penyakit Kulit

Pengobatan untuk penyakit-penyakit semacam itu tentu saja perlu dilakukan dengan ekstra hati-hati. Infeksi karena pengobatan sering terjadi saat ini.

Petunjuk dokter mutlak diperlukan, atau jika memang anda ingin mengobati sendiri, perhatikan aturan pakai setiap obat yang anda gunakan. Biasanya, setiap jenis penyakit memiliki jenis obat yang berbeda.

Umumnya orang menggunakan salep oles. Misalnya, salep kortison atau obat kartikosteroid adalah yang sering digunakan untuk ruam yang parah.

Pengobatan tradisional seharusnya juga dipertimbangkan demi penyebuhan penyakit kulit.

Related posts:

  1. Penyakit Lupus yang Mematikan
  2. Hepatitis B; Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Add A Comment