Manfaat Temulawak Untuk Beberapa Penyakit Berat

Posted by regina on under Artikel Kesehatan | Be the First to Comment

Temulawak

Temulawak

Temulawak merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumput berbatang.

Tanaman ini asli berasal dari Indonesia, yaitu Pulau Jawa yang menyebar ke berbagai wilayah.

Saat ini tanaman temulawa sudah dapat ditemukan di Malaysia, Thailand, Filipina, China, Barbados, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Manfaat temulawa yang banyak sudah diketahui sejak jaman kakek-nenek kita dahulu. Temulawa merupakan salah satu jamu yang namanya familiar ditelinga kita.

Salah satu manfaat yang terkenal dari temulawak adalah untuk meingkatkan nafsu makan.

Bahkan beberapa iklan vitamin penambah nafsu makan untuk anak saat ini menbawa-bawa nama temulawa dalam strategi promosinya.

Temulawak dan Manfaatnya Untuk Beberapa Penyakit Berat

Selain untuk menambah nafsu makan, temulawak juga dipercaya dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, menurunkan kolestrol, dan bahkan dapat membantu menyembuhkan penyakit yang cukup berat seperti hepatitis B dan mencegah terjadinya Kanker Payudara.

Manfaat Temulawak Dalam Membantu Penderita Kanker Payudara

Manfaat temula wak dalam membantu penderita kanker payudara tersebut diungkapkan oleh Guru Besar Farmasi Unpad, Prof. Dr. Sidik dalam konferensi pers Badan Pengawas Obat dan Makanan tentang Kampanye Gerakan Nasional Minum Temulawak.

Dalam konferensi pers yang diadakan di kota Bandung tersebut Prof. Dr. Sidik mengatakan “Khasiat temulawa lebih banyak dari ginseng. Temulawa memiliki lebih dari 100 komponen sementara ginseng terbatas.

Temulawak antara lain mengandung senyawa aktif kurkuminoid dan beberapa komponen minyak atsiri. Dimana kurkuminoid tersebut antara lain berkhasiat sebagai antioksidan, antiinflamasi (peradangan), antibakteri, antihepatotoksik (anti liver), antikolestrol, antikanker dan anti platelet agregasi (pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke).

Sementara minyak atsiri yang dikandungnya yakni xanthorrhizol merupakan antikanker terutama kanker payudara.

Berikut ini adalah cara mengolah tanaman temulawak untuk bermanfaat menyembuhkan penyakit hepatitis B : pertama-tama kupas temulawak lalu cucilah sampai benar-benar bersih, lalu temulawak yang sudah dikupas dipotong tipis-tipis, setelah itu jemur dibawah terik matahari hingga kering, setelah kering rebuslah temulawak hingga mendidih dan berilah gula secukupnya agar rasanya tidak terlalu pahit, dam setelah mendidih segera tiriskan lalu saring untuk diambil airnya.

Minumlah secara teratur untuk mendapatkan manfaat temulawaktersebut.

Related posts:

  1. Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
  2. Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Add A Comment